Seuntai Mutiara


Persahabatan sejati tidak terlihat dari banyaknya pertemuan. Tapi persahabatan sejati terlihat dari tulusnya seorang sahabat menyebut nama sahabatnya dalam setiap doanya.

"Semua pasti ada hikmahnya... Di balik setiap kesulitan pasti ada kemudahan... "

Kita ada di dunia bukan untuk mencari seseorang yang sempurna untuk dicintai tetapi untuk belajar mencintai orang yang tidak sempurna dengan cara yang sempurna

Orang yang paling berkesan dalam hidupmu adalah orang yang mampu mencintaimu ketika kamu bukan seseorang yang mudah dicintai





Selasa, 09 Desember 2008

Kenapa masih tidak bisa ?

Akhirnya, ku menginap lagi di kantor. Kali ini, ada yang harus ku lakukan terhadap PC kerjaku (sebenernya sih PC gantian :p). Memangnya kenapa ?
Belum tahu ya ??? ya udah ... jadi begini ceritanya.

Di tempat kerjaku, PC kerja diinstall memakai Linux Ubuntu (mulai dari versi Gusty Gibbon atau Hardy Heron). Nah, yang satu ini sudah diinstall dengan Ubuntu ver 8.04 namun pada saat akan dipakai untuk membuka aplikasi Winbox malah bengong. Winbox, apaan tuh ? Coba aja searching di mbah Google dulu. Sebenernya sih kalau masalah yang ini ada alternatif lain yang bisa diambil yaitu dengan mengganti versi Wine yang digunakan. Kalau Wine apa lagi tuh ? Coba googling lagi dech. Yang terakhir kali terjadi malah sering bengong kalau lagi dipakai kerja. Contohnya, pada saat kerja memakai Mozilla Firefox tiba-tiba sering closing sendiri.

Akhirnya malam ini (Senin, 10 Dzulhijjah / 8 Desember) dengan segala cara ku backup semua file-file penting yang masih dipakai untuk operasional (tentunya dengan bantuan Maal, salah seorang rekan kerjaku yang memang kebagian jadwal shift malam ini). Setelah semua file-file tadi sudah semuanya di-backup, barulah kami mengoprek PC itu berusaha untuk menginstall ulang kembali.
Berkali - kali ku coba dan bolak - balik bertanya pada rekan ku itu yang masih semangat (maklumlah ku kan masih newbie :D).

Sudah menempatkan first boot pada CD ROM melalui setup BIOS dan ku coba memulai proses instalasi Ubuntu ver 7.10 namun seharusnya setelah melalui tekan enter pada tampilan awal start atau install Ubuntu pada pertama kali muncul tampilan kok tidak bisa masuk ke tampilan desktop dan diteruskan ke option yang lain.

Ku coba kembali dengan memakai CD ROM Drive yang lain dan CD Installer yang lain pula. Namun, masih saja tidak bisa. Yah... tinggal tuker CD ROM drive dengan CD Installer yang berbeda pasangan. Masih tidak bisa juga. Akhirnya untuk memastikannya lagi ku ganti saja HDDnya sekalian (mumpung ada HDD percobaan meskipun kapasitasnya tidak memungkinkan untuk diintall Ubuntu). Masih belum bisa juga ternyata.

Karena bener-bener ingin tahu, untuk terakhir kali di malam ini ku tukar lagi pasangannya. HDD Maxtor yang telah terpasang sebelumnya dan sudah diinstall tetapi sering bermasalah dan CD ROM Drive dan sebuah CD Installer Ubuntu. Setelah restart, proses pun dimulai dan start atau install Ubuntu ku tunggu proses selanjutnya. Kali ini berbeda... Apanya yang beda ??? Yang berbeda adalah raut wajahku yang sudah mengantuk berat karena waktu menunjukkan tengah malam telah lewat. Tiba-tiba, ada tulisan-tulisan yang muncul di layar namun bukan termasuk dalam proses yang merupakan bagian dari panduan instalasi Ubuntu yang ku baca sebelumnya.

Begini tulisannya :

[192.172550 ] hdd: timedout waiting for DMA

[192.348258 ] hdd: drive not ready for command
[angka berbeda ] hdd: timedout waiting for DMA
[
angka berbeda ] hdd: drive not ready for command
[angka berbeda ] hdd: timedout waiting for DMA
[
angka berbeda ] hdd: drive not ready for command

lalu dilanjutkan dengan

*Setting preliminary keymap . . .
*Preparing restricted drivers . . .
*setting the system clock . . .
etc . . .

Apakah ada yang tahu mengenai solusi dari permasalahan ini ????. Saya sudah cari di google dan salah satunya di link di bawah ini
http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=916946
Please help me ...



erpa
11 Dzulhijjah 1429 H / 9 Desember 2008 M

Tidak ada komentar:

Selintas Kata Tersurat


"It is not just words but the feeling in one's heart"

Terlintas di benak saya ketika menanggapi ada seseorang anak manusia yang sedang mencoba untuk mulai mengerti seperti apa rasa cinta kepada manusia lainnya.

Dzulhijjah 1430 H / Desember 2009 M

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Blog ini berisi pengalaman saya tentang pengetahuan seputar teknik komputer dan jaringan serta pengalaman-pengalaman lainnya yang bisa menginspirasi Anda. Selain itu berisikan semua hal dari uneg-uneg sampai motifasi dan renungan bagi diri pribadi. Juga gaya hidup dan informasi lainnya yang berguna ada di sini. :D

Republika Online RSS Feed

Jadwal Waktu Sholat untuk Daerah Jakarta Raya dan Sekitarnya

Trafik Para Pembaca Blog

free counters