Seuntai Mutiara


Persahabatan sejati tidak terlihat dari banyaknya pertemuan. Tapi persahabatan sejati terlihat dari tulusnya seorang sahabat menyebut nama sahabatnya dalam setiap doanya.

"Semua pasti ada hikmahnya... Di balik setiap kesulitan pasti ada kemudahan... "

Kita ada di dunia bukan untuk mencari seseorang yang sempurna untuk dicintai tetapi untuk belajar mencintai orang yang tidak sempurna dengan cara yang sempurna

Orang yang paling berkesan dalam hidupmu adalah orang yang mampu mencintaimu ketika kamu bukan seseorang yang mudah dicintai





Sabtu, 18 Februari 2012

Humor itu Penting

Assalamu'alaikum...

Dari suatu artikel yang saya baca pagi dini hari ini, ternyata humor itu penting lho. Kenapa? Coba bayangkan kalau di dunia ini semuanya serius dan tidak ada yang membuat bibir ini mengeluarkan senyuman, apa jadinya? Madesu, kan yah? :))

Penelitian membuktikan bahwa humor memberi banyak manfaat bagi orang yang melontarkannya, maupun orang-orang di sekitarnya.  Humor meningkatkan kebahagiaan dan membuat hubungan dengan sekeliling lebih dekat.  Humor juga berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan fisik, antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, menghilangkan rasa sakit dan melindungi seseorang terhadap stres.
Beberapa pengaruh positif humor antara lain :
  • Membuat tubuh, terutama otot-otot yang awalnya tegang menjadi lebih relaks.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh, karena mengurangi hormon yang muncul akibat stress yang berlebihan.  Hal ini dapat meningkatkan kekuatan tubuh melawan penyakit.
  • Tertawa dapat melepaskan hormon endorphin yang membuat tubuh merasa nyaman dan menghilangkan rasa sakit sementara.
  • Banyak tertawa karena humor dapat melindungi jantung, karena meningkatkan peredaran darah yang mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung dan masalah-masalah kardiovaskular lainnya.
  • Humor akan menghilangkan perasaan tegang, kemarahan dan kesedihan.
  • Humor membuat kita melihat sesuatu dengan perspektif yang berbeda.  Kita dapat melihat permasalahan dengan lebih realistis dan tidak terlalu menakutkan.
Beberapa cara untuk melihat sesuatu dari kaca mata humor dan menularkannya pada orang lain, antara lain:
  • Menertawakan diri sendiri.  Berpikir kontemplatif dapat dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan, yaitu melihat sisi humor dari berbagai kejadian yang Anda alami sendiri dan menertawakannya. Setelah itu bagilah kisah Anda pada orang-orang terdekat untuk melihat reaksi mereka.  Tentu Anda dapat menyaring kisah-kisah yang dapat dibagi bersama, atau yang kita simpan untuk diri sendiri dengan lebih bijaksana.
  • Setiap ditimpa suatu masalah, cobalah melihatnya dari kacamata humor.  Hal ini dapat merubah perspektif kita terhadap masalah yang ada.
  • Coba kelilingi diri Anda dengan pengingat yang dapat meningkatkan mood Anda kearah yang lebih positif dan menyenangkan.  Misalnya lengkapi wallpaper laptop kata-kata atau gambar yang lucu, pasang boneka yang imut di meja kerja Anda dengan tulisan yang menggemaskan, atau pasang foto-foto keluarga atau bersama teman-teman saat sedang melakukan hal yang menyenangkan bersama.
  • Terutama saat berhubungan dengan anak-anak, cobalah seimbangkan hal-hal yang serius dengan hal-hal yang menyenangkan bersama-sama. Misalnya dengan sering-sering melontarkan humor, melakukan permainan yang menyenangkan bersama atau saling bergurau. Sehingga anak-anak dapat mengingat bahwa keluarganya adalah keluarga yang menyenangkan, dan tempat ‘pelarian’ yang aman jika mereka tertimpa suatu masalah di sekolah atau dimana saja. 
Jujur nih, sekalinya saya ndak mengeluarkan senyuman atau membuat kelucuan di satu hari maka yang ada hanyalah kemuraman dan kebosanan yang akhirnya menemani hari itu. Jadi, pentingkah humor itu bagi kamu? :D

Salam senyum :)

Wassalamu'alaikum...

Sumber: AM

Tidak ada komentar:

Selintas Kata Tersurat


"It is not just words but the feeling in one's heart"

Terlintas di benak saya ketika menanggapi ada seseorang anak manusia yang sedang mencoba untuk mulai mengerti seperti apa rasa cinta kepada manusia lainnya.

Dzulhijjah 1430 H / Desember 2009 M

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Blog ini berisi pengalaman saya tentang pengetahuan seputar teknik komputer dan jaringan serta pengalaman-pengalaman lainnya yang bisa menginspirasi Anda. Selain itu berisikan semua hal dari uneg-uneg sampai motifasi dan renungan bagi diri pribadi. Juga gaya hidup dan informasi lainnya yang berguna ada di sini. :D

Republika Online RSS Feed

Jadwal Waktu Sholat untuk Daerah Jakarta Raya dan Sekitarnya

Trafik Para Pembaca Blog

free counters